IKHSAN FADILAH
3IC08
25414144
3IC08
25414144
METODOLOGI PENELITIAN
PERBEDAAN
YAMAHA MIO M3 dengan SUZUKI ADDRESS
LATAR BELAKANG
Kali ini kita akan mencoba membahas
Perbandingan spesifikasi Teknis antara dua Produk baru Skutik entry level yang
abru saja di rilis oleh Pabrikan Suzuki dan Pabrikan Yamaha yakni Suzuki Address dan Yamaha Mio M3 125. Untuk Honda beat belum tmcblog
Masukkan karena Varian Entry level Honda ini belum dirilis, nanti
bila sudah dirilis (
beberapa hari lagi katannya ) jelas kita akan komparasi/ Bandingkan .
Komparasi
teknis ini dibuat berdasarkan data data yang tmcblog peroleh dari pabrikan,
Desk Analysis
merupakan evaluasi atau kajian di belakang meja, mengapa KBY sebut demikian?
Karena keduanya belum pernah KBY tes, bahkan Mio M3 125 belum pernah KBY lihat
secara utuh. Penilaian dan komparasi ini berdasarkan spesifikasi resmi yang KBY
dapatkan dari sumber APM masing-masing dengan menekankan apa yang
menjadiselling point dari kedua produk. Plus, poin yang KBY kedepankan adalah
yang dipahami dan dirasakan langsung oleh pemilik awam sekalipun. serial yang
dapat membosankan pembaca Namun
item-item tersebut menurut KBY tidak mendapat perhatian lebih atau bahkan tidak
dipedulikan oleh potential buyer.Yang mereka tahu adalah bahwa fitur ada,
lengkap, mudah dioperasikan, bermanfaat, nyaman dan gak harus sering mampir
SPBU… Betul kan?
Keduanya saling melengkapi, Yamaha mungkin menang
banyak, namun Suzuki mempunyai fans setia yang fanatik. Yuk kita bahas
komparasi keduanya.....
HEAD TO HEAD
keduanya dalam menarik minat pembeli dan fitur
tersebut wajib dipahami oleh pemilik awam..
KUBIKASI TIDAK SAMA
Suzuki Address dipersenjatai otot sebesar 113 cc
dengan tenaga dan torsi masing-masing sebesar ** PS dan **Nm (hingga artikel ini
dibuat, Nihil hasil pencarian KBY, maaf ya). Bobot kosong yang diusung Suzuki
Address adalah New Mio Blue Core yang sudah resmi bernama Mio M3 Blue Core
penampakannya sudah gamblang melalui artikel sebelah sini. Kini setelah dihiasi
dengan decal, Mio M3 resmi sudah menampakan dirinya utuh kepada media dan
blogger pada tanggal 5 Desember 2014 lalu.
Ibarat duel, entah sengaja atau tidak, keduanya
diperkenalkan berbarengan, meskipun untuk Suzuki Address hanya versi MotoGP
yang diperkenalkan mengingatkan versi standarnya sudah lebih dulu dikenalkan
pada ajang IMOS lalu. Ini artinya, keduanya sudah siap berjibaku di pasar gurih
yang dihuni oleh raja skutik dari Honda, yaitu Beat.
KBY akan kupas poin poin penting yang menjadi andalan seberat 97 kg.
Mio M3 sendiri kini naik kelas, itu mengapa namanya
menjadi Mio M3 125, mempunyai kekuatan otot sebesar 125 cc dengan tenaga 9,52
Ps dan Torsi sebesar 9.6 Nm. Bobot kosong Mio M3 adalah seberat 92 kg. Dengan
mesin besar dan ringan, power meningkat namun bobot berkurang maka seharusnya
Mio M3 125 ini mempunyai PWR yang baik..
KONSUMSI BBM
Apalah arti muka ganteng fitur berlimpah tapi gak
bikin duit utuh #eh… Intinya, efisiensi mesin dalam mengolah BBM juga wajib
jadi andalan, jangan sedikit-sedikit mampir SPBU, kapan nyampe tujuannya
maangg…
So, here’s the fact; Suzuki Address memiliki konsumsi
bbm sebanyak 1:77,40 km/l dengan metode adu irit, sedangkan metode ECE R40
didapatkan hasil sebesar 1:53 km/l. Kurangi deviasi maka bisa didapat angka
antara 1:45 – 1:50 tergantung riding style dan padatnya jalur yang dilalui.
Bagaimana dengan Yamaha Mio M3 125?
Dengan Metode Konsumsi
Harian : New Mio M3 125 Blue core 54,1
km/liter | Mio 115 Karburator 35
km/liter
Dengan Eco Indikator : :
New Mio M3 125 Bore 55,4 km/liter | Mio J FI 115 cc 43,2 km/liter
sumber: TMC blog
FITUR DAN AKOMODASI
Disinilah sebenernya, menurut KBY, kekuatan atau
keunggulan dari sebuah skutik. Dia harus nyaman dipakai, dia memiliki banyak
fungsi dan fitur, serta mengusung akomodasi yang hebat. Mesin dengan power
memadai dan efisiensi yang masuk akal. Desain mengikuti kemudian.
Suzuki Address memiliki semua persyaratan standar
yang dibutuhkan sebuah skutik (diluar kenyamanan karena KBY belum mengetes
keduanya baik Address maupun Mio M3). Semua fitur standar yang sudah menjadi
syarat mutlak sebuah skutik seperti PBL (parking brake lock), pembuka kunci jok
menyatu ada semua di Address. Bonusnya, bagasi super lega di kelasnya, mencapai
20 liter lebih!.. Sayangnya Side Stand Switch kok malahan absen di Address,
pertanyaan ini yang ada di benak pencinta Suzuki. Why oh why? Padahal SSS
merupakan fitur keamanan yang penting…!
Sementara itu, Mio M3 dapat menepuk dadanya dengan
bangga karena unggul 2 fitur dari Address yaitu Eco Indicator yang dapat
membantu pengendara mengemudi efisien serta Side Stand Switch. Sayang, begitu
Address memperlihatkan kaki-kakinya yang kokoh, giliran Mio M3 yang terdiam..
So sektor ini bisa dibilang seimbang, setuju?
Address punya keunggulan pada kaki-kaki proporsional dan bagasi tukang somay,
sedangkan Mio M3 memiliki SSS serta eco indicator.
SEKTOR DESAIN ADALAH PEMICU
Fell in Love at first sight!! Itu adalah fakta dan
bukti nyata betapa seseorang dapat jatuh cinta pada sebuah produk pada
pandangan pertamanya… Sisi ini Yamaha Mio M3 mempunyai daya pikat yang lebih
baik dibandingkan Suzuki Address. Somehow, KBY mempertanyakan kebijakan Suzuki
yang keukeuh menempatkan lampu depan berada di atas disaat demand potential
buyer bergeser menuju lampu ‘bego’ alias lampu bawah.
Efeknya, Address terlihat jadul dibandingkan Mio M3.
Sisi baiknya, Address sukses menghipnotis pencintanya akibat rancang bangun
yang ciamik yang membuat Addresstetap terlihat slim dan sophisticated padahal
bagasinya itu loh, 20 liter lebih!! Tengok Honda Spacy yang tidak dapat
menyembunyikan perutnya yang buncit (nunjuk diri sendiri nih :P). Selain itu,
pilihan lain yakni Address MotoGP color edition mampu membuat kegantengannya
meningkat drastis.
Membuat orang suka pada pandangan pertama adalah
urusan mudah bagi Yamaha Mio M3 125 akibat ketampanannya, sementara itu butuh
tatapan serius untuk jatuh cinta pada Suzuki Address. Sektor ini dimenangkan
oleh Mio M3…
ADU HARGA
Seperti janjian, harga keduanya mepet-mepet!! Suzuki
Addres memiliki harga Rp. 13,890,000 untuk versi standar, dan Rp. 14,440,000
untuk versi motoGP. Sedang Mio M3 memiliki rentang harga lebih murah yakni Rp.
13,080,000 (jari-jari) hingga Rp. 13,980,000 (casting wheel).
Mana yang lebih value? Tergantung
perpektif kita
DAFTAR PUSTAKA
http://wikipedia.com/sugimasihada
http://kobayogas.com/2014/12/07/desk-analysis-suzuki-address-vs-yamaha-mio-3-blue-core/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar