Senin, 24 Oktober 2016

IKHSAN FADILAH
           3IC08
        25414144
METODOLOGI PENELITIAN
PERBEDAAN YAMAHA MIO M3 dengan SUZUKI ADDRESS 

LATAR BELAKANG

 Kali ini kita akan mencoba membahas Perbandingan spesifikasi Teknis antara dua Produk baru Skutik entry level yang abru saja di rilis oleh Pabrikan Suzuki dan Pabrikan Yamaha yakni Suzuki Address dan Yamaha Mio M3 125. Untuk Honda beat belum tmcblog Masukkan karena  Varian Entry level Honda ini  belum dirilis, nanti bila sudah dirilis               ( beberapa hari lagi katannya ) jelas kita akan komparasi/ Bandingkan .

Komparasi teknis ini dibuat berdasarkan data data yang tmcblog peroleh dari pabrikan, Desk Analysis merupakan evaluasi atau kajian di belakang meja, mengapa KBY sebut demikian? Karena keduanya belum pernah KBY tes, bahkan Mio M3 125 belum pernah KBY lihat secara utuh. Penilaian dan komparasi ini berdasarkan spesifikasi resmi yang KBY dapatkan dari sumber APM masing-masing dengan menekankan apa yang menjadiselling point dari kedua produk. Plus, poin yang KBY kedepankan adalah yang dipahami dan dirasakan langsung oleh pemilik awam sekalipun. serial yang dapat membosankan pembaca   Namun item-item tersebut menurut KBY tidak mendapat perhatian lebih atau bahkan tidak dipedulikan oleh potential buyer.Yang mereka tahu adalah bahwa fitur ada, lengkap, mudah dioperasikan, bermanfaat, nyaman dan gak harus sering mampir SPBU… Betul kan?
Keduanya saling melengkapi, Yamaha mungkin menang banyak, namun Suzuki mempunyai fans setia yang fanatik. Yuk kita bahas komparasi keduanya.....

        

HEAD TO HEAD
keduanya dalam menarik minat pembeli dan fitur tersebut wajib dipahami oleh pemilik awam..

KUBIKASI TIDAK SAMA
Suzuki Address dipersenjatai otot sebesar 113 cc dengan tenaga dan torsi masing-masing sebesar ** PS dan **Nm (hingga artikel ini dibuat, Nihil hasil pencarian KBY, maaf ya). Bobot kosong yang diusung Suzuki Address adalah New Mio Blue Core yang sudah resmi bernama Mio M3 Blue Core penampakannya sudah gamblang melalui artikel sebelah sini. Kini setelah dihiasi dengan decal, Mio M3 resmi sudah menampakan dirinya utuh kepada media dan blogger pada tanggal 5 Desember 2014 lalu.
Ibarat duel, entah sengaja atau tidak, keduanya diperkenalkan berbarengan, meskipun untuk Suzuki Address hanya versi MotoGP yang diperkenalkan mengingatkan versi standarnya sudah lebih dulu dikenalkan pada ajang IMOS lalu. Ini artinya, keduanya sudah siap berjibaku di pasar gurih yang dihuni oleh raja skutik dari Honda, yaitu Beat.
KBY akan kupas poin poin penting yang menjadi andalan seberat 97 kg.
Mio M3 sendiri kini naik kelas, itu mengapa namanya menjadi Mio M3 125, mempunyai kekuatan otot sebesar 125 cc dengan tenaga 9,52 Ps dan Torsi sebesar 9.6 Nm. Bobot kosong Mio M3 adalah seberat 92 kg. Dengan mesin besar dan ringan, power meningkat namun bobot berkurang maka seharusnya Mio M3 125 ini mempunyai PWR yang baik..

KONSUMSI BBM   
Apalah arti muka ganteng fitur berlimpah tapi gak bikin duit utuh #eh… Intinya, efisiensi mesin dalam mengolah BBM juga wajib jadi andalan, jangan sedikit-sedikit mampir SPBU, kapan nyampe tujuannya maangg…
So, here’s the fact; Suzuki Address memiliki konsumsi bbm sebanyak 1:77,40 km/l dengan metode adu irit, sedangkan metode ECE R40 didapatkan hasil sebesar 1:53 km/l. Kurangi deviasi maka bisa didapat angka antara 1:45 – 1:50 tergantung riding style dan padatnya jalur yang dilalui.

Bagaimana dengan Yamaha Mio M3 125?
         Dengan Metode Konsumsi Harian : New Mio M3 125 Blue core  54,1 km/liter | Mio 115 Karburator  35 km/liter
         Dengan Eco Indikator : : New Mio M3 125 Bore 55,4 km/liter | Mio J FI 115 cc 43,2 km/liter
sumber: TMC blog

FITUR DAN AKOMODASI
Disinilah sebenernya, menurut KBY, kekuatan atau keunggulan dari sebuah skutik. Dia harus nyaman dipakai, dia memiliki banyak fungsi dan fitur, serta mengusung akomodasi yang hebat. Mesin dengan power memadai dan efisiensi yang masuk akal. Desain mengikuti kemudian.
Suzuki Address memiliki semua persyaratan standar yang dibutuhkan sebuah skutik (diluar kenyamanan karena KBY belum mengetes keduanya baik Address maupun Mio M3). Semua fitur standar yang sudah menjadi syarat mutlak sebuah skutik seperti PBL (parking brake lock), pembuka kunci jok menyatu ada semua di Address. Bonusnya, bagasi super lega di kelasnya, mencapai 20 liter lebih!.. Sayangnya Side Stand Switch kok malahan absen di Address, pertanyaan ini yang ada di benak pencinta Suzuki. Why oh why? Padahal SSS merupakan fitur keamanan yang penting…!
Sementara itu, Mio M3 dapat menepuk dadanya dengan bangga karena unggul 2 fitur dari Address yaitu Eco Indicator yang dapat membantu pengendara mengemudi efisien serta Side Stand Switch. Sayang, begitu Address memperlihatkan kaki-kakinya yang kokoh, giliran Mio M3 yang terdiam..
So sektor ini bisa dibilang seimbang, setuju? Address punya keunggulan pada kaki-kaki proporsional dan bagasi tukang somay, sedangkan Mio M3 memiliki SSS serta eco indicator.

SEKTOR DESAIN ADALAH PEMICU
Fell in Love at first sight!! Itu adalah fakta dan bukti nyata betapa seseorang dapat jatuh cinta pada sebuah produk pada pandangan pertamanya… Sisi ini Yamaha Mio M3 mempunyai daya pikat yang lebih baik dibandingkan Suzuki Address. Somehow, KBY mempertanyakan kebijakan Suzuki yang keukeuh menempatkan lampu depan berada di atas disaat demand potential buyer bergeser menuju lampu ‘bego’ alias lampu bawah.
Efeknya, Address terlihat jadul dibandingkan Mio M3. Sisi baiknya, Address sukses menghipnotis pencintanya akibat rancang bangun yang ciamik yang membuat Addresstetap terlihat slim dan sophisticated padahal bagasinya itu loh, 20 liter lebih!! Tengok Honda Spacy yang tidak dapat menyembunyikan perutnya yang buncit (nunjuk diri sendiri nih :P). Selain itu, pilihan lain yakni Address MotoGP color edition mampu membuat kegantengannya meningkat drastis.
Membuat orang suka pada pandangan pertama adalah urusan mudah bagi Yamaha Mio M3 125 akibat ketampanannya, sementara itu butuh tatapan serius untuk jatuh cinta pada Suzuki Address. Sektor ini dimenangkan oleh Mio M3…

ADU HARGA
Seperti janjian, harga keduanya mepet-mepet!! Suzuki Addres memiliki harga Rp. 13,890,000 untuk versi standar, dan Rp. 14,440,000 untuk versi motoGP. Sedang Mio M3 memiliki rentang harga lebih murah yakni Rp. 13,080,000 (jari-jari) hingga Rp. 13,980,000 (casting wheel).
Mana yang lebih value? Tergantung perpektif kita



DAFTAR PUSTAKA
http://wikipedia.com/sugimasihada
http://kobayogas.com/2014/12/07/desk-analysis-suzuki-address-vs-yamaha-mio-3-blue-core/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar