IKHSAN FADILAH
3IC08
25414144
3IC08
25414144
METODOLOGI PENELITIAN
LATAR
BELAKANG
Setelah selang sebulan
peluncuran Honda Sonic 150R di Jakarta, kini tiba waktunya kami membahas lebih
dalam soal perbedaannya dengan rival utama, Suzuki Satria FU. Sama-sama
bersaing di segmen sama, underbone (bebek) kelas 150 cc,
Secara kasat mata, tampilan Satria dan Sonic serupa, tapi berbeda cukup siginfikan jika diperhatikanlebihseksama.Simakpembahasannyberikuini!
Tampilan
Jika melihat data teknis kedua agen tunggal pemegang merek (ATPM) Honda dan Suzuki, dimensi kedua sosok Sonic dan Satria FU tidak jauh berbeda. Satria memiliki panjang 1.945 mm dan lebar 652 mm, sedangkan Sonic panjang 1.941 mm dan lebar 669 mm. Satria lebih panjang 4 mm, sementara Sonic lebih lebar 28 mm.
Tongkrongan kedua model juga punya desain mirip, tapi perbedaan mulai dirasakan dari desain masing-masing ornamen. Lampu uta misalnya, desain Sonic terlihat lebih tegas dan tajam, sudah dibekali sistem penerangan LED bercahaya putih. Sementara Satria sendiri punya bentuk lampu depan lebih lembut dengan kombinasi sedikit garis tajam dan lengkungan pada bagian “jambul”, serta masih mempertahankan lampu halogen dengan pencahayaan.
Bentuk jok juga jelas berbeda, Satria memiliki jok yang sedikit ramping dengan lekukan landai antara bangku penumpang dan pengemudi. Sementara Sonic dibekali jok lebih lebar dan dengan garis lengkungan yang berkarakter.
Secara kasat mata, tampilan Satria dan Sonic serupa, tapi berbeda cukup siginfikan jika diperhatikanlebihseksama.Simakpembahasannyberikuini!
Tampilan
Jika melihat data teknis kedua agen tunggal pemegang merek (ATPM) Honda dan Suzuki, dimensi kedua sosok Sonic dan Satria FU tidak jauh berbeda. Satria memiliki panjang 1.945 mm dan lebar 652 mm, sedangkan Sonic panjang 1.941 mm dan lebar 669 mm. Satria lebih panjang 4 mm, sementara Sonic lebih lebar 28 mm.
Tongkrongan kedua model juga punya desain mirip, tapi perbedaan mulai dirasakan dari desain masing-masing ornamen. Lampu uta misalnya, desain Sonic terlihat lebih tegas dan tajam, sudah dibekali sistem penerangan LED bercahaya putih. Sementara Satria sendiri punya bentuk lampu depan lebih lembut dengan kombinasi sedikit garis tajam dan lengkungan pada bagian “jambul”, serta masih mempertahankan lampu halogen dengan pencahayaan.
Bentuk jok juga jelas berbeda, Satria memiliki jok yang sedikit ramping dengan lekukan landai antara bangku penumpang dan pengemudi. Sementara Sonic dibekali jok lebih lebar dan dengan garis lengkungan yang berkarakter.
Fitur
Dengan enam percepatan, keduanya memiliki perbedaan dari teknologi asupan bahan bakar. Satria karburator sedangkan Sonic sudah injeksi. Meski masih karburator, Satria lolos emisi Euro III, dengan sedikit melakukan ubahan pada piranti muffler (knalpot).
Kedua sepeda motor ini sama-sama dibekali dengan Safety Shutter Key untuk memberikan keamanan pada sepeda motor. Demi kenyamanan berkendara dan mengantisipasi kebocoran ban saat di perjalanan, kedua produk ini dilengkapi dengan ban tubeless.
Sistem pegereman disk brake untuk ban depan dan belakang, juga sudah dimiliki Sonic dan Satria, yang membuat pengereman menjadi lebih maksimal.
Dengan enam percepatan, keduanya memiliki perbedaan dari teknologi asupan bahan bakar. Satria karburator sedangkan Sonic sudah injeksi. Meski masih karburator, Satria lolos emisi Euro III, dengan sedikit melakukan ubahan pada piranti muffler (knalpot).
Kedua sepeda motor ini sama-sama dibekali dengan Safety Shutter Key untuk memberikan keamanan pada sepeda motor. Demi kenyamanan berkendara dan mengantisipasi kebocoran ban saat di perjalanan, kedua produk ini dilengkapi dengan ban tubeless.
Sistem pegereman disk brake untuk ban depan dan belakang, juga sudah dimiliki Sonic dan Satria, yang membuat pengereman menjadi lebih maksimal.
Panel indikator New Sonic sudah seluruhnya digital, informasi yang diberikan cukup lengkap, seperti indikator bahan bakar real time, speedometer, informasi posisi transmisi, dan takometer. Sedangkan Suzuki Satria hanya takometer yang masih analog, selebihnya digital. Namun, Satria tidak punya informasi mengenai posisi transmisi.
Namun yang menariknya
lagi ternyata dari pihak Suzuki juga telah menyiapkan produk terbarunya yaitu
Suzuki Satria Fu Injeksi, dimana motor terbaru ini bisa menjadi tameng dari
gempuran motor bebek sport honda yaitu Sonic 150R. Setelah beberapa bulan pihak
honda mengeluarkan motor terbarunya ini, pihak suzuki juga langsung
mengeluarkan secara resmi Suzuki Satria Fu Injeksi. Adapun keunggulan Suzuki
Satria Fu Injeksi yang tidak ditemukan pada motor satria fu varian sebelumnya yaitu
penggunaan sistem bahan bakar injeksi yang disematkan pada mesinnya. Dengan
adanya sistem injeksi tersebut, pihak suzuki mengklaim bahwa motor terbarunya
ini merupakan paling irit dikelas 150cc.
Dengan hadirnya
Satria Fu Injeksi di 2016 ini, banyak pengamat otomotif yang meramalkan bahwa
persaingan dipasar kelas 150cc akan berlangsung sengit. Hal ini disebabkan
setiap produsen motor mengeluarkan produk terbarunya yang membuat persaingannya
menjadi seimbang dan adil. Dan yang menjadi pertanyaan besar masyarakat yakni
manakah yang lebih kuat antara Motor Honda Sonic 150R dengan Suzuki Satria Fu
Injeksi? Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan mencoba membuat
sebuah perbandingan antara Honda Sonic 150R dengan Satria Fu Injeksi.
Perbandingan Honda
Sonic 150R vs Satria Fu Injeksi
Headlamp
Bagian “tubuh”
pertama yang akan kami bandingkan terlebih dahulu antara Satria Fu Injeksi
dengan Honda Sonic 150R yaitu dibagian headlampnya. Meski dari kejauhan bagian
depan ini memiliki tampilan yang sama namun dibagian desain lampnya berbeda,
bisa dilihat dibagian headlamp satria fu injeksi desainnya lebih memanjang
keatas mirip kepala dan agak berisis. Sementara untuk headlamp pada Sonic 150R
yaitu memiliki desain headlamp yang condong kecil seperti kepala robot
transfomer yang pernah di filmkan.
Speedometer/ Dashbord
Perbandingan
selanjutnya yang akan kami coba ulas pada bagian dashbordnya. Untuk penggunaan
speedometer, keduanya sama sama mengusung speedometer full digital. Namun yang
membedakan hanya bentuk speedometernya saja. Untuk pemakaian stang, keduanya
juga sama sama menggunakan stang jepit.
Sistem Pengereman
Sekarang berlanjut ke
bagian sistem pengereman,untuk sistem pengereman depan bagian depan Satria Fu
Injeksi memiliki bentuk cakram yang lebih menarik. Dengan bentuk melengkung
dengan 2 piston pengereman jenis brembo membuat motor ini lebih stabil.
Sementara untuk sistem pengereman sonic hanya mengandalkan 1 piston rem saja.
Knalpot
Melihat bentuk
knalpotnya, rasanya bentuk knalpot Satria Fu Injeksi lebih futuristik
dibandingkan dengan bentuk new honda sonic 150r. Selain bentuknya, warna pada
kenalpotnya pun tampil lebih doff dengan penutupnya warna chrome. Dan untuk
Honda Sonic sendiri, warnanya lebih mengkilap sebab hampir semua warna
kenalpotnya chrome.
Performa
Dan ini bagian yang paling menarik atau yang paling
ditunggu tunggu Honda Sonic Vs Satria Fu Injeksi. Banyak
para sahabat otomotif yang penasaran, siapa yang paling kuat dalam urusan
performa. Oke mari satu persatu kita ulas, mesin satria fu injeksi menggunakan
DOHC 4-Valve dengan silinder tunggal yang di dukung dengan sistem pendingin
Liquid-Cooled yang membawa mesin sebesar 147 cc dengan jumlah 6 transmisi.
Dengan mesin tersebut, motor bebek sport suzuki ini mampu melaju dengan
kecepatan r 18.2 HP (13.6 KW) @ 10.000 RPM. Tidak hanya itu saja, konsumsi
bahan bakarnya pun lebih irit dibandingkan dengan varian sebelumnya sebab telah
dibekali sistem bahan bakar injeksi yang dapat menekan konsumsi bahan bakar
yang lebih irit.
Sementara
mesin yang digunakan pada Motor Honda Sonic 150R yaitu type mesin 4-langkah
DOHC 4 katup yang berkapasitas 149,16cc. Dengan dipersenjatai kapasitas mesin
sebesar itu, sonic 150r mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11,8 Kw atau 16 Ps
pada 9.000 RPM. Sedangkan untuk sistem bahan bakarnya, motor ini masih sama
dengan satria fu injeksi menggunakan sistem Programmed Fuel Injection yang siap
menekan konsumsi yang lebih irit. Dan jika dilihat dari kekuatan yang
dihasilkan kedua motor tersebut, rupanya satria fu injeksi masih yang paling
tercepat di kelas motor 150cc. 
Bagasi dan Jok
Beralih ke bagian jok
dan bagasi, perbandingan antara satria fu injeksi dan honda sonic dibagian ini
sangat terlihat dari penempatan letak tangki bensin. Untuk satria injeksi
tangki bensin diletakan pada bagian depan, sementara untuk honda sonic
diletakan pada bagian belakangnya.
Kesimpulan
Dan setelah menjabarkan satu persatu bagian motor Satria Fu Injeksi vs Honda Sonic 150R, kami menyimpulkan bahwa
untuk desain motor satria fu injeksi lebih berotot dibandingkan dengan
rivalnya. Sementara untuk kerampingan body, motor honda sonic 150r lebih rampiing
dibandingkan dengan satria injeksi. Kemudian untuk masalah performa, seperti
yang sudah kami jabarkan diatas bahwa kekuatan Motor Honda Sonic 150R masih
belum mampu mengalahkan kekuatan yang ada pada Satria Fu Injeksi. Untuk selisih
kekuatannya hanya 500 RPM saja,walaupun selisih 500 RPM pada saat dilajukan
pasti akan sangat berbeda selisih jaraknya. Dan untuk mana yang paling irit,
kami rasa dua duanya memiliki konsumsi bahan bakar sama irit sebab telah
dilengkapi sistem injeksi.
Keduanya memang memiliki tampang
yang tidak jauh berbeda dan ada kelebihan dan kekurangan di masing masing
fiturnya. Sonic menawarkan sesuatu yang lebih segar, Satria punya desain yang
sederhana namun tetap diterima konsumen.
Persaingan dipasar motor bebek sport sepertinya pada
tahun 2016 akan lebih sengit dan ketat lagi. Pasalnya raksasa motor yang ada di
Indonesia telah mengeluarkan varian terbarunya yang sudah dipersiapkan dalam
waktu yang lama yaitu Motor Honda Sonic 150R. Sebenarnya sudah hal
yang lumrah apabila setiap tahun para produsen motor mengeluarkan motor
terbarunya. Dan yang menjadi perbincangan hangat di masyarakat Indonesia
khususnya pecinta roda dua yaitu desain atau tampilan motor bebek sport honda ini benar benar mirip
dengan motor satria fu yang merupakan hasil ciptaan suzuki.
Dengan
kemiripan desain pada body yang ada pada motor ini,secara tidak langsung
menimbulkan spekulasi di benak para penyuka roda dua. Apakah dikeluarkannya
Honda Sonic 150R memang secara khusus membawa misi untuk menggeser kejayaan
satria fu yang sudah beberapa periode ini menjadi penguasa dipasar motor bebek
kelas 150cc? Sebagaimana yang kita ketahui bersama hingga saat ini belum ada
motor bebek 15cc yang mampu menggeser kejayaan satria fu. Bahkan varian motor Honda
CS1 yang membawa mesin 150cc juga pun tidak mampu menggeser posisi
dari satria fu.
Dan setelah resmi
dikeluarkan pada akhir tahun 2015,semua pertanyaan dan spekulasi yang ada pada
benak pecinta motor terjawab sudah. Setelah seara resmi pihak honda menyatakan
bahwa misi khusus dari dikeluarkannya motor ini yaitu supaya menjadi raja motor
di pasar motor kelas 150cc. Dengan pernyataan tersebut, secara tidak langsung
mengiyakan bahwa dikeluarkannya motor Honda Sonic 150R untuk menggeser posisi
Satria Fu. Dimana motor bebek sport honda ini telah melalui berbagai macam
pengembangan baik itu dalam desain maupun performanya.
DAFTAR PUSTAKA
https://wikipedia.co.id/perbandingan-honda-sonic-150r-dengan-satria-fu




Tidak ada komentar:
Posting Komentar